ICT DAN JARDIKNAS LPMP GORONTALO

 
Tamu Online
Launching 27 November 2007 Bertepatan dengan Pemasangan Instalasi Jardiknas di LPMP Gorontalo
Ikut Survei Dibayar Tunai
GORONTALO today .....

Click for Gorontalo, Indonesia Forecast

Berbagi Rejeki
Anda mau barang-barang mewah ?
Klik ikon di bawah ini! Agloco

atau Anda butuh dana segar ?
Bergabunglah bersama :
Mohon Maaf Saudaraku
Mohon Maaf Saudaraku, Jika Saudaraku merasa ada yang perlu dikonfirmasi dengan isi blog ini, mohon kirim via email ke dewadoe@yahoo.com

Saya akan membalas / menjawab setiap informasi yang Saudaraku berikan !!

Wassalam

********

*****
KisS and LoVe

Apakah kamu suka dengan tulisan ini?

Manajemen File Menggunakan Total Commander
Sabtu, 08 Desember 2007
Masih ingat dengan NC atau Norton Commander? Anda yang dulu berkutat dengan DOS pasti mengingat legenda NC. NC adalah suatu software manajemen file yang berbasis DOS. Waktu itu semua tampilan layar terlihat hitam dan rumit, setelah NC hadir display komputer menjadi lebih user friendly dan tentu saja manajemen file menjadi lebih mudah.

Di Windows untuk manajemen file biasanya kita menggunakan Windows Explorer. Dibandingkan Windows Explorer proses manajemen file lewat Total Commander lebih efisien. Efisiensinya terletak pada penggunaan dua jendela operasi yang berdampingan dan minimalisasi penggunaan mouse. Minimalisasi penggunaan mouse ini akan diimbangi dengan penggunaan shortcut-shortcut dalam proses kerja. Sebagai contoh, di Windows Explorer untuk membuat folder baru cara yang sering digunakan adalah dengan klik kanan kemudian klik [New] > [Folder], kemudian kita ketikkan nama folder baru yang diinginkan dan tekan [Enter]. Dengan Total Commander, untuk membuat suatu folder baru cukup tekan [F7] kemudian isikan nama folder yang diinginkan dan tekan [Enter]. Contoh lain, untuk mengkopi file bisanya dilakukan dengan klik kanan file kemudian klik [Copy]. Selanjutnya di folder tujuan klik kanan kemudian klik [Paste]. Di Total Commander kita hanya perlu mengeset jendela kiri sebagai sumber dan jendela kanan sebagai tujuan kemudian tekan tombol F5 lalu [Enter].

Memang pada mulanya Anda harus meluangkan waktu untuk menghafal shortcut-shortcut tersebut. Tapi jangan khawatir, waktu beberapa jam tersebut tidak akan sia-sia, anggap saja sebagai investasi yang menguntungkan. Setelah hafal, Anda akan merasakan bahwa proses manajemen file akan semakin cepat dan efisien.
Keunggulan Total Commander dibanding dengan dibanding dengan aplikasi manajemen file lainnya diantaranya adalah:
• Adanya fitur FTP client yang memungkinkan kemudahan proses transfer file lewat Internet (upload dan download).
• Split/Combine files, Anda tidak lagi membutuhkan software pemecah file karena dalam Total Commander sudah dilengkapi dengan fitur ini.
• Beberapa operasi pekerjaan seperti kopi dan kompres file bisa dilakukan di background. Misalnya ketika kita mengkopi file yang besar kita bisa mengaktifkan mode ini agar bisa tetap melakukan manajemen file, tanpa terganggu proses kopi tersebut.
• File kompresi diperlakukan sebagai suatu direktori. Hal ini sangat menarik karena jika suatu file kompresi terdiri dari beberapa file didalamnya kita bisa mengkopi salah satunya saja tanpa mengekstrak seluruh file. Untuk fungsi kompresi Total Commander dilengkapi dengan Internal ZIP Packer, sementara untuk fungsi ekstraksi kita bisa mengekstrak format kompresi lainnya seperti RAR, ACE, TAR, ARJ, LZH, GZ dan CAB.
• Fungsi Find Files dilengkapi dengan mode pencarian Find text. Fitur ini bisa mencari teks tertentu yang ada di dalam suatu file, bahkan dalam file kompresi sekalipun.
• Fungsi Internal Viewer sangat membantu untuk melihat konten dari file berformat hex, binari dan text. Misalnya untuk melihat file rtf, txt ataupun bmp Anda tidak perlu mengeksekusi file tersebut lewat software lain, cukup menekan F3 maka isi file tersebut akan terlihat.
• Fungsi Compare Directories (Shift+F2) bisa Anda manfaatkan untuk membandingkan isi dua buah folder.

Bagi Anda yang masih bersikeras memakai mouse, Total Commander juga masih mendukung drag and drop file. Total Commander juga menawarkan banyak kustomisasi pada tampilan, dari warna font, background sampai tampilan button bar. Anda bisa juga langsung melakukan setting lewat file wincmd.ini. Caranya cukup klik [Configurations] > [Change Settings Files Directly]. Nah tunggu apalagi? Ayo bekerja dengan lebih efisien!
posted by admin @ 22.20  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
CURHAT YUK..!!

=> Me as I am <=
Photobucket
Posting lainnya
Archives
Links
Thanks For Attention

Buku Tamu

Free shoutbox @ ShoutMix
Sponshorship

Free Blogger Templates
Add to Technorati Favorites Add to Technorati Favorites BLOGGER
Inspirasi Setiap Hari
Technology Information
Kolom blog tutorial

© 2007 ICT DAN JARDIKNAS LPMP GORONTALO Design By : Komunitas Blogger